Subscribe RSS

Untuk menginstal microsoft Office dapat dilakukan dengan menjalankan CD software microsoft office melalui CD-ROM, ataupun dari master program yang terdapat pada Hardisk apabila anda menyimpannya.
1. Instal dari CD-ROM :
Masukkan CD program Microsoft Office XP kedalam CD_ROM, apabila CD-ROM diseting auto maka secara otomatis CD akan dijalankan. Kemudian pilih setup, terakhir klik open atau klik ganda pada file setup. Maka proses instal akan berjalan.
2. Memasukkan Serial nomor atau CD Key
Selanjutnya muncul tampilan seperti gambar.1, dimana anda diminta untuk memasukkan User name, Initials, Organization dan serial nomor atau CD key. Masukkan serial nomor yang terdapat pada cover CD Microsoft office anda. Proses tidak akan berjalan apabila anda salah memasukkan serial nomor. Setelah data yang diminta lengkap kemudian tekan “next”.
Gambar.1 Memasukkan serial nomor

3. Persetujuan Lisensi
Pada bagian ini dijelaskan tentang persetujuan lisensi, seperti terlihat pada gambar.2. Apabila anda setuju berilah tanda cek-bok pada “I accept term in the License Agreement”. Kemudian klik “nekt” dan proses dilanjutkan.
Gambar.2 License agreement
4. Pilihan type install
Pada bagian ini diberikan pilihan atau option seperti terlihat pada gambar 3, yaitu :
o Install Now : office akan diinstall dengan seting default termasuk komponen yang sering digunakan.
o Complete : office akan diinstal secara komplit (seluruh features akan diinstal).
o Custom : Anda memilih sendiri feature yang anda perlukan atau yang ingin anda aktifkan.
o Install to : Pilihan tempat dimana anda ingin menginstall microsoft office Xp (sebaiknya dibiarkan saja, yaitu di folder C:\Program Files\Microsoft Office\)
Apabila memilih pilihan Install Now atau Complete maka proses instal akan langsung dijalankan. Apabila anda memilih pilihan custom maka ikutilah langkah no.5.
5. Pilihan aplikasi
Pada bagian ini anda diminta untuk memilih jenis aplikasi yang akan diinstal sepert microsoft word, microsoft ecxel, microsoft power point, microsot outlook, dan lainnya, seperti terlihat pada gambar 3. Isilah “tanda cek bok” pada aplikasi yang ingin anda instal. Disamping itu juga terdapat pilihan :
o Install applications with the typical options, yaitu office akan memilih secara otomatis features yang sering digunakan sesuai dengan jenis aplikasi yang dipilih.
o Choose detailed installation options for each applications, yaitu kita menentukan sendiri features yang diperlukan sesuai dengan aplikasi yang dipilih
Apabila dipilih pilihan “Install applications with the typical options” maka proses install langsung dilakukan. Apabila memilih option yang kedua maka ikutilah langkah no.6.
6. Pilihan Features yang ingin diaktifkan
Pada bagian ini anda akan diminta memilih sendiri feature yang ingin anda aktifkan, seperti terlihat pada gambar 2.8. Klik features yang ingin anda aktifkan kemudian akan mucul “kotak dialog“ seperti terlihat pada gambar2.9, yaitu pilihan:
o Run from my computer, yaitu feature tersebut akan diinstal kedalam komputer sehingga feature tersebut siap digunakan.
o Run all from my computer, yaitu seluruh feature yang ada dalam folder tersebut akan diinstal kedalam komputer.
o Installed on first use, yaitu feeture tersebut akan diinstal pada saat penggunaan pertama kali, sehingga apabila feature tersebut digunakan maka office secara otomatis akan menjalankan proses instal sendiri, dan meminta anda memasukkan CD master program microsoft office kedalam CD ROM.
o Not Available, yaitu feature tersebut tidak akan diinstal kedalam komputer.
Pada bagian bawah juga dijelaskan tentang ruang hardisk yang dibutuhkan dan kapasitas hardisk yang tersedia di komputer anda. Jadi sebaiknya installah feature yang benar-benar anda perlukan untuk menghemat ruang hardisk. Sebagai contoh pada feature Office Assistant yang merupakan sub folder dari Office Shared Features diinstal kedalam komputer. Dan feature equation editor (feature untuk membuat rumus matematika dalam microsoft word) pada Office Tools diinstal kedalam komputer, seperti terlihat pada gambar 4. Selanjutnya klik “nekt” dan proses dilakukan.
1 2 3
Gambar : 1.Features yang tersedia 2.Pengaktifan Features Office Assistant 3.Pengaktifan feature equation Editor
7. Proses Install
Pada bagian ini ditunjukkan bahwa proses instal siap dilakukan disertai informasi aplikasi yang diinstal, kapasitas harddisk yang dibutuhkan, dan kapasitas harddisk yang tersedia. Selanjutnya klik install untuk menginstal.
8. Proses Instal Selesai

Category: | 0 Comments

0 comments to “Instalasi Microsoft Office Xp”

Thank You For Coment